Manfaat minum air hangat untuk Diet

Setiap orang disarankan untuk mengonsumsi sekitar 2 liter air setiap harinya. Baik minum air dingin maupun air hangat, keduanya memiliki manfaat tersendiri. Misalnya, air dingin dipercaya dapat mendinginkan diri setelah Anda melakukan aktivitas olahraga yang intens. Sementara minum air hangat diyakini dapat membantu mengeluarkan racun dari tubuh dan memudahkan sistem pencernaan.

Selain itu, tahukah Anda bahwa minum air hangat juga dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan dengan menghilangkan lemak di perut? Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan pada tahun 2003, minum air hangat diketahui bisa meningkatkan proses penurunan berat badan. Lebih lanjut, studi tersebut menguraikan bahwa minum 500 ml air sebelum waktu makan dapat meningkatkan metabolisme hingga 30 persen.

Pengaruh minum air hangat untuk menurunkan berat badan

Melansir laman Times of India, minum air hangat setiap hari di pagi hari atau sepanjang hari dapat membantu proses penurunan berat badan dengan 3 cara, yaitu:

  • Meningkatkan metabolisme: Minum air hangat dapat mengubah suhu tubuh Anda. Untuk mengimbangi suhu air hangat yang Anda konsumsi, tubuh Anda akan menurunkan suhu internal dan mengaktifkan metabolisme.
  • Memecah lemak: Air hangat dapat memecah lemak di dalam tubuh dan memobilisasi lemak menjadi molekul-molekul, sehingga sistem pencernaan Anda jadi lebih mudah untuk membakarnya.
  • Mengurangi nafsu makan: Air hangat dapat membantu mengurangi nafsu makan. Minum segelas air hangat 30 menit sebelum makan diketahui dapat membantu mengatur asupan kalori Anda.

Manfaat lain dari minum air hangat

Selain berpengaruh pada penurunan berat badan, minum air hangat juga memiliki manfaat lain untuk kesehatan tubuh, seperti:

1. Melancarkan sistem pencernaan

Air bertindak sebagai agen pelumas yang membantu menjaga kelancaran proses pencernaan. Air bahkan dapat melarutkan partikel makanan yang sulit dicerna oleh perut kita.

2. Meningkatkan fungsi sistem saraf pusat

Saat Moms tidak mengonsumsi cukup air, hal ini dapat berdampak negatif pada fungsi sistem saraf Anda, yang pada akhirnya memengaruhi suasana hati dan fungsi otak. Melansir laman Healthline, sebuah penelitian pada tahun 2019 menunjukkan bahwa air minum dapat meningkatkan aktivitas sistem saraf pusat serta suasana hati.

3. Membantu meredakan sembelit

Sembelit biasanya disebabkan dehidrasi. Minum air dipercaya efektif untuk meredakan dan mencegah sembelit. Minum air hangat diketahui dapat merangsang kontraksi usus Anda. Ketika itu terjadi, sisa makanan di usus Anda bisa keluar dari tubuh. Minum air hangat secara teratur juga dapat membantu pergerakan usus Anda tetap teratur.

4. Membuang racun dalam tubuh

Minum air hangat membuat suhu tubuh Anda meningkat, sehingga dapat membuat Anda berkeringat. Saat berkeringat, racun dalam tubuh pun akan hilang dari pori-pori kulit Anda.

5. Menurunkan tingkat stres

Seperti telah disinggung sebelumnya, minum air hangat dapat membantu meningkatkan fungsi sistem saraf pusat, sehingga membuat rasa cemas Anda mungkin berkurang. Menurut sebuah penelitian pada tahun 2014, kurang minum air dapat mengakibatkan berkurangnya perasaan tenang, kepuasan, dan emosi positif. Maka tetap terhidrasi dengan baik bisa meningkatkan suasana hati dan tingkat relaksasi Anda.

6. Meredakan hidung tersumbat

Secangkir air panas dapat menghasilkan uap. Saat Anda memegang secangkir air hangat dan menghirup uap lembutnya dalam-dalam, ini dapat membantu meredakan hidung tersumbat bahkan meredakan sakit kepala yang juga diakibatkan hidung tersumbat. (M&B/Vonda Nabilla/SW/Foto: Freepik)

Selamat sore, O

Tubuh manusia 60 sampai 70 persen adalah cairan, pada bayi jumlah ini naik hingga 75 persen, sehingga air sangat penting untuk metabolisme organ tubuh. Dalam sehari rata-rata orang dewasa membutuhkan 2 liter atau 8 gelas air, untuk memenuhi kebutuhan cairan. Air putih memiliki banyak manfaat untuk tubuh, seperti menjaga tekanan darah, menyehatkan kulit, membantu sirkulasi tubuh, meningkatkan fungsi otak, baik untuk sendi, melancarkan system pencernaan, melancarkan sistem kemih, sehingga terhindar dari infeksi saluran kemih, dan batu pada saluran kemih.

Ternyata menurut penelitian, minum air putih hangat banyak manfaatnya, salah satu manfaat dari minum air putih hangat adalah membantu menurunkan berat badan. Minum air hangat dapat membantu tubuh untuk menyerap sari makanan yang sudah dikonsumsi, serta membantu membuang limbah dari tubuh. Minum air hangat sebelum makan juga memberi efek kenyang bagi tubuh, sehingga menekan nafsu makan. Dalam suatu penelitian menyebutkan, minum 500 ml air sebelum makan dapat meningkatkan metabolisme sebesar 30%

Manfaat lain dari air hangat :

Selain membantu menurunkan berat badan, air putih hangat juga memiliki beberapa manfaat, seperti;

  • Membantu kerja saluran cerja ,sehingga mencegah konstipasi, dan membuang racun dalam pencerhaan,
  • Mencegah terjadinya batu ginjal, dan mencegah infeksi saluran kemih,
  • Meredakan nyeri, air hangat dapat membuat otot rileks sehingga meredakan nyeri,
  • Membantu meningkatkan peredaran darah, sehingga membantu mengontrol tekanan darah, dan menyehatkan jantung,
  • Baik untuk kesehatan kulit dan rambut,
  • Mencegah penuaan dini,
  • Meredakan gejala batuk dan pilek,
  • Meredakan gejala maag, atau asam lambung yang tinggi.

Efek samping mengonsumsi air hangat :

Selain memiliki banyak manfaat, air putih hangat yang dikonsumsi berlebihan tidak baik untuk tubuh, karena;

  • Membebani kerja ginjal,
  • Dapat mengganggu keseimbangan elektrolit, sehingga menyebabkan sakit kepala,
  • Minum terlalu banyak air putih juga menyebabkan sering buang air kecil, sehingga menyebabkan tidak nyaman,
  • Jika suhu yang dikonsumsi terlalu panas, akan menyebabkan lidah terbakar, ataupun timbul sariawan pada mulut.

Anda juga bisa membaca forum terkait dengan air hangat :

  • Apa manfaat minum air hangat?
  • Bahaya minum air hangat dari dispenser

Semoga membantu.

Salam sehat,

dr. Lizsa

Apa benar air hangat dapat menurunkan berat badan?

Minum air dingin, air hangat, atau air bersuhu ruangan, sama-sama baik dalam membantu menurunkan berat badan.

Apakah sering minum air hangat bisa mengecilkan perut buncit?

Studi tersebut menemukan hasil bahwa minum air hangat secara konisisten dapat meningkatkan proses penurunan berat badan serta lemak perut. Menurut hasil penelitian tersebut ada 2 alasan mendasar mengapa air hangat mampu mempengaruhi pengecilan perut buncit serta berat badan.

Kapan sebaiknya minum air hangat untuk diet?

Cara mengonsumsi air putih hangat yang benar saat diet dapat dilakukan setiap pagi atau sepanjang hari. Minum-lah segelas air hangat 30 menit sebelum makan agar membantu tubuh mengatur asupan kalori.

Apakah minum air putih hangat di pagi hari bisa menurunkan berat?

Air hangat disebut-sebut memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Ini manfaat minum air hangat untuk kesehatan, salah satunya menurunkan berat badan. Minum air dapat menjaga tubuh tetap sehat dan terhidrasi.