Kegiatan distribusi tidak langsung ditunjukkan oleh pernyataan

Jakarta -

Distribusi adalah suatu proses yang menunjukkan penyaluran barang yang dibuat dari produsen kepada konsumen. Distribusi berasal dari bahasa Inggris yakni distribution yang berarti penyaluran. Sedangkan kata dasarnya yaitu distribute yang berarti membagikan, menyalurkan, menyebarkan, dan mendistribusikan.

Sedangkan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), distribusi adalah penyaluran (pembagian, pengiriman) kepada beberapa orang atau beberapa tempat.

Menurut para ekonomi klasik, distribusi merupakan alokasi nilai-nilai langka yang dikaitkan dengan pertukaran sosial. Nilai-nilai langka tersebut biasanya dihubungkan dengan tenaga kerja, kapital, tanah, teknologi, dan organisasi sehingga barang dan jasa juga bernilai langka.

Sedangkan bagi sosiolog, distribusi adalah suatu perangkat hubungan sosial untuk mengalokasikan barang dan jasa yang dihasilkan. Distribusi juga menunjuk suatu proses alokasi dari produksi barang dan jasa sampai ke tangan konsumen atau proses konsumsi.

Dengan demikian, distribusi adalah proses di antara produksi barang dan jasa dengan proses konsumsinya.

Jadi dapat disimpulkan distribusi merupakan proses penyaluran barang atau jasa kepada pihak lain. Orang yang melakukan distribusi adalah distributor. Contoh kegiatan distribusi yaitu pedagang sate yang menjual dagangannya di pasar.

Berikut adalah penjelasan mengenai distribusi yang dikutip dari laman Kemendikbud:

Tujuan Distribusi

Tujuan distribusi adalah sebagai berikut:

1. Kelangsungan hidup kegiatan produksi terjamin.

2. Barang atau jasa hasil produksi dapat bermanfaat bagi konsumen.

3. Konsumen dapat mendapatkan barang yang dibutuhkan dengan mudah.

Saluran Distribusi

1. Distribusi Langsung

Distribusi langsung adalah distribusi barang atau jasa tanpa melalui perantara sehingga penyaluran barang langsung dari produsen kepada konsumen. Contohnya yaitu pedagang bakso yang menjual dagangannya kepada konsumen.

2. Distribusi Semi Langsung

Distribusi semi langsung adalah sistem distribusi dari produsen kepada konsumen melalui pedagang perantara yang merupakan bagian dari produsen. Contohnya pabrik tekstil yang menyalurkan kainnya melalui conventer.

3. Distribusi Tidak Langsung

Distribusi tidak langsung adalah sistem distribusi dari produsen kepada konsumen melalui agen, grosir, makelar, komisioner, dan pedagang kecil yang bertindak sebagai perantara. Contohnya PT.Pertamina yang menyalurkan gas LPG melalui agen gas LPG.

Jadi distribusi adalah seperti yang dijelaskan di atas ya detikers, mudah dipahami bukan?

Simak Video "ACT soal Dana Donasi 'Diputar' Sebelum Disalurkan: Momentumnya Nggak Pas"


[Gambas:Video 20detik]
(atj/nwy)

UC Surabaya : CitraLand CBD Boulevard, Made, Kec. Sambikerep, Kota Surabaya, Jawa Timur, 60219, Indonesia

UC Makassar : Sunset Boulevard, CitraLand City Losari Kawasan Centre Point of Indonesia, Makassar, 90224, Indonesia

Happenings Highlights Video

Articles

© Copyright 2021, Universitas Ciputra

Jawaban 1.penjualan sepeda motor di dealer motor 2 penjualan produk Apple di ibox store3 PT PERTAMINA menjual bensin kpd para konsumen nya melalui SPBU4 pak budi mempunyai perusahaan roti. Ia bisa menitipkan roti rotinya ditoko atau kios untuk dijual kpd konsumen

Cuma itu yg tahu

  • (@[email protected]), trimakasih ya kak

Hananurazizah120 Hananurazizah120

 Contoh Distribusi Tak Langsunga. Pak heru memiliki perusahaan roti. Ia bisa menitipkan roti-rotinya di toko atau kios untuk dijual kepada konsumen. b. PT Pertamina menjual bensin kepada para konsumennya melalui SPBU. c.

maaf ya cuma 2

  • makasih kak tolong ikutin aku ya semua tolong banger nanti aku juga ikutin yang ngikutin aku