Cara menjadikan Google sebagai halaman awal Google Chrome di laptop

Ada beberapa cara menjadikan Google halaman awal dari Google Chrome. Dengan mengetahui cara ini kamu bisa dengan mudah melakukan proses pencarian karena begitu membuka Google Chrome, mesin pencari tersebut akan muncul tanpa harus dibuka terlebih dahulu.

Biasanya untuk membuat Google di halaman depan kamu tidak perlu melakukan. Secara otomatis Google Chrome akan melakukannya. Namun, jika ada beberapa perubahan yang sudah dilakukan. Kamu bisa menyimak beberapa cara di bawah ini untuk melakukannya.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjadikan Google sebagai halaman awal dari Google Chrome. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan.

Baca Juga : Cara Menghapus Iklan di Google Chrome Terbukti Berhasil

1. Memakai Home Button

(Sumber: Google.com)

Cara pertama bisa dilakukan dengan memanfaatkan fitur Home Button. Ikuti langkah sederhana di bawah ini.

  • Buka Google Chrome terlebih dahulu. Selanjutnya tekan logo strip tiga di bagian kanan atas.
  • Setelah berhasil membukanya akan muncul beberapa menu dan kamu bisa memilih Settings.
  • Setelah halaman dari Settings terbuka, cek di bagian bawah sampai menemukan Home Button. Selanjutnya jangan lupa untuk memberikan centang.
  • Apabila Home Button masih menggunakan situs lain, kamu bisa menggantinya dengan menekan tulisan change di bagian samping.
  • Selanjutnya ubah dengan halaman dari Google yang biasanya dibuka tentang itu Google internasional atau Google Indonesia.
  • Isikan pada halaman baru dengan menekan radio button pada Open The Page. Lanjutkan dengan menekan OK.

Sampai disini pengaturan sudah selesai dan begitu kamu membuka Google Chrome maka secara otomatis akan memunculkan halaman dari Google. Jadi tidak perlu lagi mengetik kan di kolom browser untuk melakukan pencarian.

2. Mengatur Open Specific Page

Selanjutnya adalah mengatur bagian Open Specific Page. Kamu bisa melakukannya dengan mengikuti beberapa langkah di bawah ini.

  • Buka Google Chrome terlebih dahulu lalu akses bagian Settings.
  • Selanjutnya akan muncul halaman baru yang sama dengan poin sebelumnya. Kamu bisa mencari bagian Open Specific Page.
  • Lalu tekan bagian set page.
  • Muncul halaman baru yang berisi tentang nama dari situs dan juga URL yang harus diisikan. Kamu bisa mengisikannya dengan URL dari Google yang sering dibuka.
  • Selanjutnya jangan lupa untuk menekan OK agar pengaturan ini  tersimpan dengan baik.

Selain menggantinya dengan url dari Google sebenarnya kamu bisa mengubah ke URL atau situs yang lain. Semua bisa dilakukan tergantung dengan kebutuhan. Yang paling penting alamat atau URL yang diisikan harus sesuai dengan namanya agar tidak mengalami kesalahan saat dibuka.

Manfaat Menjadikan Google sebagai Halaman Awal

(Sumber: Bisnis.com)

Ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan Jika kamu membuat Google menjadi halaman awal dari browser. Berikut beberapa manfaat yang bisa didapatkan.

Baca Juga : Tutorial Cara Menyimpan File di Google Drive Secara Lengkap

1. Mudah Saat Mencari Sesuatu

Manfaat pertama dengan benar di halaman depan adalah memudahkan kamu untuk mencari sesuatu. Begitu membuka browser Google Chrome maka situs tersebut akan muncul sehingga kamu hanya perlu mengetikkan kata kunci tertentu. Selanjutnya hasilnya bisa didapatkan dan dicari mana yang terbaik.

Selama ini jika ingin mencari sesuatu, kamu perlu mengetikkan sesuatu pada browser. Selanjutnya barulah muncul situs pencari salah satunya adalah Google. Meski hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja bagi beberapa orang hal ini cukup merepotkan dan tidak praktis.

Untunglah ada cara mengubah agar halaman depan dari Google Chrome langsung muncul situs pencari Google. Apalagi saat ini sebagian besar orang menggunakan browser memang untuk melakukan pencarian sesuatu. Jadi lebih baik di-setting sejak awal saja daripada membuang-buang waktu.

2. Melakukan Pengecekan Jaringan

Manfaat kedua yang bisa didapatkan jika  mengubah halaman depan Google Chrome di atas adalah melakukan tes jaringan. Jika ingin membuka halaman Google maka otomatis dibutuhkan jaringan internet baik itu jaringan internet dengan menggunakan kabel maupun jaringan internet dengan menggunakan Wi-Fi.

Apabila jaringan internet tidak ada sama sekali maka situs tersebut tidak akan terbuka. Sebaliknya jika situs kubah tersebut terbuka maka jaringan bisa dipastikan sudah berjalan dengan baik sehingga kamu bisa memanfaatkan browser untuk membuka berbagai jenis situs yang sesuai dengan keinginan.

Situs dari Google memiliki data yang tidak terlalu besar sehingga bisa dengan cepat dibuka. Sebaliknya beberapa situs Sangiran memiliki data yang lebih besar sehingga membutuhkan waktu lama untuk membukanya. Inilah alasan kenapa mengapa Google digunakan sebagai halaman depan dari Google Chrome.

Baca Juga : 3 Cara Menghilangkan Notifikasi Google Chrome di 3 Device

3. Menghindari Munculnya Bookmark

Apabila tidak memunculkan Google sebagai halaman depan dari Google Chrome. Sebagian besar dari akan memunculkan bookmark. Apabila memunculkan bookmark, orang lain bisa dengan mudah mengetahui apa saja situsnya kamu simpan setiap hari. Selain itu mereka juga tahu siapa-siapa saja yang sering dibuka.

Aplikasi situs tersebut merupakan situs standar dan tidak berbahaya maka tidak pernah salah. Namun jika situs tersebut berhubungan dengan privasi atau kesan tertentu bisa sangat berbahaya jika diketahui oleh orang lain. Sekolah kenapa Google harus digunakan sebagai halaman depan ke Google Chrome.

Begitu orang lain membuka browser untuk mencari sesuatu maka aku akan muncul dengan sendirinya. Mereka tidak perlu melakukan apapun dan cukup melakukan pencarian sehingga kemungkinan untuk melihat bagian dari bookmark akan kecil.

4. Tidak Memunculkan History

Selain bookmap salah satu hal yang ingin disembunyikan oleh seseorang adalah history. Beberapa browser Chrome memunculkan history dari situs yang sering dibuka dalam beberapa hari terakhir. Dari history tas buat orang lain bisa tahu apa yang sedang kamu buka.

Biasanya history bisa dihilangkan secara mudah dengan mengakses bagian pengaturan. Selain itu kamu juga bisa menggunakan browser mode incognito agar tidak memunculkan history dari situs apa saja yang dibutuhkan saat itu. Bahkan tidak terdeteksi sama sekali.

Apabila kamu tidak menggunakan incognito dan jarang sekali menghapus history. Ada baiknya untuk menyeting Google sebagai halaman awal dari Google Chrome. Dengan begitu, ketika seseorang membuka browser maka yang muncul adalah Google dan bukan history dari situs yang dibuka.

5. Mengetahui Google Doodle

Selanjutnya manfaat terakhir meski tidak terlalu penting tapi tetap bisa dinikmati adalah Google Doodle. Biasanya setiap periode tertentu atau saat ada hari khusus Google akan menampilkan berbagai jenis coretan atau lukisan untuk mengganti tulisan Google.

Apabila kamu menggunakan Google sebagai halaman depan maka Google Doodle akan muncul. Jadi kamu akan selalu tahu kira-kira hari itu ada momen khusus apa. Cukup klik Google Doodle maka informasi terkait hari tersebut akan muncul dan bisa dibaca dengan sendirinya.

Baca Juga : 6 Tutorial Cara Membuat Kuesioner di Google Form Terlengkap

Cara menjadikan Google halaman awal dari Google Chrome ternyata cukup mudah. Kamu hanya perlu melakukan beberapa hal yang sudah dibahas di atas. Dengan melakukan itu, begitu membuka Google Chrome, Google bisa langsung muncul dan dipakai untuk mencari sesuatu.

Apabila kamu ingin mengaplikasikan pada browser lain, caranya kurang lebih sama. Cukup ubah bagian depan atau awal. Selanjutnya Google akan muncul dengan sendirinya. Selain itu, cara ini juga dipakai untuk melakukan pengetesan jaringan apakah sudah berjalan baik atau belum.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan InstagramPressburner.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagramdan Subscribe Channel Youtube penulis.

Post Views: 329

Bagaimana menjadikan Google sebagai beranda?

Anda dapat dengan cepat mengakses Google setiap kali membuka browser dengan menjadikan Google sebagai halaman beranda..
Pada bilah menu di bagian atas browser, klik Tools..
Pilih Internet Options..
Klik tab General..
Di bagian "Home page", masukkan www.google.com di kotak teks..
Klik OK..
Mulai ulang browser..

Bagaimana cara memunculkan Google di laptop?

Di pojok kanan atas browser di komputer, klik Lainnya. Setelan..
Di bagian "Tampilan", aktifkan Tampilkan tombol beranda..
Pilih opsi kedua, kemudian masukkan www.google.com ..

Bagaimana cara menjadikan Google sebagai default browser di Chrome?

Di komputer, buka Chrome..
Di kanan atas, klik Lainnya ..
Klik Setelan..
Di bagian "Default browser", klik Jadikan default. Jika Anda tidak melihat tombolnya, berarti Google Chrome sudah menjadi browser default..

Bagaimana cara menggunakan Google Chrome di laptop?

Melakukan penelusuran di Chrome.
Buka halaman web di Browser Chrome..
Di kanan atas, klik Lainnya. Temukan. Atau, gunakan pintasan keyboard Ctrl + f (Windows, Linux, dan Chrome OS), atau ⌘ + f (Mac)..
Di kanan atas, masukkan istilah penelusuran di kotak penelusuran..
Tekan Enter. Yang cocok akan disorot di halaman tersebut..