Bagaimana cara agar notifikasi tidak muncul di layar kunci?

KOMPAS.com - Mengaktifkan preview atau pratinjau pesan WhatsApp di notifikasi dapat memudahkan pengguna untuk mengetahui pesan yang masuk dan membalasnya dengan cepat. Namun, di sisi lain pesan yang muncul dalam notifikasi bisa saja diintip oleh orang lain.

Pengguna WhatsApp sejatinya bisa menyembunyikan isi pesan di notifikasi untuk menjaga privasinya. Pengguna WhatsApp di iOS maupun Android bisa melakukan hal ini.

Untuk menyembunyikan isi pesan yang muncul di notifikasi WhatsApp, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan.

Berikut KompasTekno rangkumkan cara menyembunyikan isi pesan WA di notifikasi supaya tidak mudah diintip oleh orang lain.

Baca juga: Cara Cepat Membuat Akun WhatsApp Business untuk Pelaku Usaha

WhatsApp di iOS

  1. Buka menu pengaturan notifikasi yang ada di ponsel Anda. Pada kesempatan kali ini, KompasTekno menggunakan iPhone dengan sistem operasi iOS 15.0.2.
  2. Klik ikon gerigi roda untuk mengakses menu “Pengaturan” atau “Settings”
  3. Setelah itu, pergi ke menu pengaturan notifikasi dengan klik opsi “Notifications”
  4. Gulir ke bawah hingga menemukan aplikasi Whatsapp, selanjutnya pilih aplikasi tersebut untuk pengaturan notifikasi
  5. Kemudian, pada bagian “Lock Screen Appereance” atau “Tampilan Layar Terkunci”, pilih opsi “Tampilkan Pratinjau” atau “Show Preview”
  6. Terakhir, pilih opsi “Never”.

Ketika Anda memilih opsi tersebut, isi pesan WA di notifikasi hanya akan menampilkan nama pengirim dengan tulisan “Notification” atau “Pemberitahuan”.

WhatsApp di Android

Sementara untuk menyembunyikan isi pesan WA di notifkasi Android, caranya sedikit berbeda.

Pertama, buka aplikasi WA di ponsel Android Anda kemudian klik ikon titik tiga untuk mengakses menu pengaturan. Kemudian, pilih opsi “Notifikasi” dan klik opsi “Notifikasi popup”. Terakhir, pilih opsi “tidak ada pop up”.

Baca juga: Cara Menghilangkan Nama di WhatsApp Agar Tampil Kosong

Selain cara di atas, menyembunyikan isi pesan WA di notifkasi Android bisa dilakukan dengan mengaktifkan kunci fingerprint pada aplikasi WA terlebih dahulu. Caranya, buka aplikasi WA di ponsel Android Anda, lalu klik ikon titik tiga untuk mengakses menu pengaturan.

Setelah itu, klik opsi "Akun" lalu klik opsi "Privasi". Selanjutnya, pilih kunci Sidik Jari atau fingerprint lock. Kemudian hidupkan pengaturan untuk membuka kunci dengan sidik jari. 

Dengan begitu, isi pesan tidak akan muncul selama kunci belum dibuka. Demikian cara menyembunyikan isi pesan WA di notifikasi, selamat mencoba.

Para pengguna smartphone android tentu sangat terbantu dengan adanya Notifikasi yang muncul dari berbagai aplikasi yang telah diatur sedemikian rupa oleh penggunanya. Ada 2 cara pemberitahuan atau notifikasi di smartphone android yang sering dilihat oleh pengguna seperti pemberitahuan yang tampak pada area Layar notifikasi dan pemberitahuan yang muncul di layar penguncian. Lalu apa beda kedua opsi tampilan Notifikasi tersebut ?, Dunia Android akan membahasnya untuk anda.



Pemberitahuan di layar Notifikasi biasanya bisa anda lihat ketika pengguna mengusap layar keatas atau kebawah. Namun ketika layar terkunci dan muncul pemberitahuan di layar yang sedang terkunci itulah yang disebut Notifikasi Di layar penguncian. Pengguna android akan melihat pada settingan default ponselnya diatur oleh sistem agar memberitahukan adanya notifikasi walau layar seddang terkunci. Namun bagi pengguna yang tidak ingin mendapatkan pesan tersebut dihamparkan ketika layar seddang terkunci maka ada langkah mudah untuk menonaktifkannya.


Menghilangkan pemberitahuan di layar penguncian umumnya dilakukan pengguna smartphone android untuk menjaga privacy-nya agar tidak bisa dilihat orang lain ketika lengah meletakkan ponselnya. Maka dari itu pengguna bisa menghilangkan notifikasi tersebut dengan beberapa langkah mudah. Silahkan simak caranya di bawah ini.


1. Buka pengaturan atau setelan di ponsel android


2. Masuk ke menu 'Tampilan', Menu tampilan ada di tab Perangkat.



3. Di menu tampilan ada opsi 'Pemberitahuan Layar Penguncian', Hilangkan tanda centang pada opsi tersebut.



Dengan cara diatas pengguna android tidak akan melihat lagi tampilan pemberitahuan di layar ketika ponsel terkunci, aman dan terjaga privacy bukan ?. Semoga tips singkat dari Dunia Android diatas bermanfaat.

Notifikasi yang muncul di layar kunci, sebenarnya ini penting gak penting sih, tapi karena banyak yang menanyakannya ya ahirnya saya putuskan untuk memberikan penjelasannya melalui artikel ini agar teman-teman atau pemirsa bisa lebih mudah untuk menerima penjelasannya.

Ada sebagian dari teman-teman saya yang ingin agar semua notifikasi atau pemberitahuan bisa muncul saat hp terkunci, jadi dia bisa membuka notifikasi tersebut tanpa harus menarik turun status bar nya.

Ada juga teman saya yang lain malah tidak ingin notifikasi hp nya muncul di layar kunci dengan alasan ingin tetap menjaga privasi, apa gunanya hp di kunci jika saat terkunci masih terlihat notifikasi.

Oke lah mereka memiliki minat sendiri-sendiri, saya hanya ingin memberikan sedikit pengetahuan tentang notifikasi yang muncul di layar kunci, sebenarnya itu bisa di atur mau di munculkan atau tidak notifikasi saat hp dalam keadaan terkunci, tetapi entah mereka malas untuk memeriksa dan mencari tau tentang pengaturan yang terdapat di hp nya atau memang dia gaptek bener-bener tidak bisa.

Padahal itu semua kan sudah di sediakan di menu pengaturan, mau di munculkan atau tidak notifikasi saat hp terkunci, masih saja banyak yang tanya, "bagaimana sih agar notifikasi saya bisa muncul di sini, di layar saat hp terkunci?".

Sudah lah itu urusan mereka, kayaknya langsung saja nih saya beritahu cara setingnya agar notifikasi bisa muncul atau tidak di layar kunci hp xiaomi. Simak dengan teliti ya agar hasilnya bisa seperti yang di harapkan.

Baca juga: Alarm Aktif Walau Hp Keadaan Mati, Begini Cara Mengatasinya Di Hp Xiaomi.

Cara munculkan notifikasi di layar kunci hp xiaomi.

1. Buka menu pengaturan.

2. Pilih kunci layar dan sandi.


3. Setelan lanjutan.

4. Di layar kunci.

5. Pilih jangan menampilkan notifikasi sama sekali jika pemirsa tidak ingin muncul notifikasi di layar kunci.

6. Pilih tampilkan seluruh notifikasi dan kontennya jika pemirsa ingin semua notifikasi tampil di layar kunci.


7. Pilih salah satu antara langkah no 5 dan langkah no 6.

8. Selesai.

Baca juga: Kine Master Mode Layer Vidio Di Hp Xiaomi Tanpa Root.

Begitulah cara setingnya, terserah pemirsa minat yang mana, mau muncul notifikasi di layar kunci atau tidak ada notifikasi terlihat di layar kunci, setiap orang memiliki selera tersendiri.

Sebenarnya meski notifikasi muncul di layar kunci kita juga masih perlu membuka kode kunci terlebih dahulu, seperti kode mode pola, face unlock, fingers print dan kode pin, jika kita menggunakan salah satu keamanan kunci tersebut.

Jika boleh saya menyarankan, sebaiknya tidak usah menggunakan keamanan pengunci jika pemirsa ingin menampilkan notifikasi di layar kunci, karena pemirsa tidak perlu membuka kunci untuk membuka notifikasi cukup dengan mengetuk dua kali notifikasinya pemirsa akan langsung masuk ke aplikasi yang memberikan notifikasi tersebut, jika notifikasi nya adalah pesan SMS maka pemirsa akan langsung masuk ke aplikasi pesan ketika pemirsa mengetuk dua kali notifikasi tersebut.

Sepertinya hanya itu yang dapat saya sampaikan untuk pemirsa maupun teman-teman, semoga penjelasan saya bisa di pahami dengan baik dan tidak membuat pemirsa bingung, semoga bermanfaat dan terimakasih.

Share this post

Artikel Rekomendasi

Bagaimana cara menyembunyikan detail pesan pada layar kunci?

Mengontrol tampilan notifikasi di layar kunci.
Di ponsel, buka aplikasi Setelan..
Ketuk Aplikasi & notifikasi. Notifikasi..
Di bawah "Layar kunci", ketuk Notifikasi di layar kunci atau di layar kunci"..
Pilih Jangan tampilkan notifikasi..

Apa itu notifikasi layar kunci?

Dengan mengaktifkan Buka kunci dengan wajah, perangkat Anda dapat membantu merahasiakan konten notifikasi Anda dengan menggunakan sensor gerakan ayun. Ketika wajah selain wajah Anda terdeteksi, konten notifikasi akan secara otomatis disembunyikan.

Bagaimana cara menghilangkan notifikasi di hp?

Cara Mematikan Notifikasi Mengganggu pada Aplikasi Android Klik opsi Show Notifications/Tampilkan Notifikasi. Hilangkan centang pada opsi tersebut untuk menyembunyikan pemberitahuan. Maka akan muncul peringatan, pilih OK. Notifikasi aplikasi yang mengganggu sudah berhasil dimatikan.

Apa yang dimaksud titik notifikasi?

Titik yang ditampilkan di ikon notifikasi disebut titik notifikasi. Fitur ini disediakan oleh produsen telepon untuk menunjukkan bahwa Anda telah menerima pesan, dan lain-lain.