Apakah asam lambung harus di operasi

loading...Anang Hermansyah baru saja menjalani operasi di salah satu rumah sakit di Bali karena mengidap penyakit lambung kronis. Anda pun baiknya mengenal penyakit ini. Foto/Instagram.

JAKARTA - Musisi Anang Hermansyah baru saja menjalani operasi di salah satu rumah sakit di Bali karena mengidap penyakit lambung kronis.

"Guys ini aku masih nggliyeng (pusing) habis operasi guys, Bali the best bukan hanya pemandangan yang indah masyarakat enak dan religious tapi dokter dokternya gila top banget, proses operasi gak berasa apa apa dan sudah selesai tinggal liat hasilnya mudah mudahan hasilnya bagus doakan guys Bali top,” kata Anang dalam unggahan video di Instagram Story. (Baca juga: Sakit Lambung, Anang Hermansyah Berhasil Jalani Operasi di Bali )

Sebelumnya, Ashanty mengaku penyakit suaminya itu disebabkan karena maag. Akibatnya, Anang harus menjalani endoskopi lambung atau operasi kecil.

"Kena maag, dan paling parah adalah kakinya sakit. Tapi kan lucu kita ngecek sakitnya tapi yang parah kronis itu lambungnya jadi mungkin harus diendoskopi, operasi kecil," jelas Ashanty dalam channel YouTube The Hermansyah A6.

Dilansir Healt Line, sakit maag yang juga dikenal sebagai tukak lambung adalah luka yang menyakitkan di lapisan perut. Sakit maag adalah salah satu jenis penyakit tukak lambung. Tukak lambung adalah tukak yang menyerang lambung dan usus kecil.

Sakit maag terjadi ketika lapisan tebal lendir yang melindungi perut dari cairan pencernaan berkurang. Ini memungkinkan asam pencernaan menggerogoti jaringan yang melapisi lambung, menyebabkan tukak. Sakit maag mungkin mudah disembuhkan, tetapi bisa menjadi parah tanpa pengobatan yang tepat.

Sakit maag hampir selalu disebabkan oleh infeksi dengan bakteri helicobacter pylori (H. pylori), penggunaan jangka panjang obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID), seperti aspirin, ibuprofen, atau naproxen. Meski jarang, kondisi yang dikenal sebagai sindrom Zollinger-Ellison dapat menyebabkan tukak lambung dan usus dengan meningkatkan produksi asam tubuh. Sindrom ini diduga menyebabkan kurang dari 1% dari semua tukak lambung.

Sejumlah gejala berhubungan dengan sakit maag. Tingkat keparahan gejala tergantung pada tingkat keparahan ulkus. Gejala yang paling umum adalah sensasi terbakar atau nyeri di tengah perut di antara dada dan pusar. Biasanya, rasa sakit akan semakin hebat saat perut Anda kosong, dan bisa berlangsung selama beberapa menit hingga beberapa jam. (Baca juga: Makanan Pantangan Sakit Asam Lambung Seperti Anang Hermansyah )

Tanda dan gejala umum lainnya meliputi nyeri tumpul di perut, penurunan berat badan, tidak mau makan karena kesakitan, mual atau muntah, kembung, merasa mudah kenyang, bersendawa atau refluks asam, mulas, sensasi terbakar di dada, nyeri yang mungkin membaik saat Anda makan, minum, atau mengonsumsi antasida, anemia yang gejalanya meliputi kelelahan, sesak napas, atau kulit pucat, tinja berwarna gelap, muntahan yang berdarah atau terlihat seperti bubuk kopi.

Bicaralah dengan dokter jika Anda memiliki gejala sakit maag. Meskipun ketidaknyamanan mungkin ringan, tukak dapat memburuk jika tidak diobati. Borok berdarah bisa mengancam jiwa.

(tdy)

GERD atau gastroesophageal reflux disease adalah suatu penyakit di mana asam lambung dan makanan bergerak kembali dari dalam lambung ke kerongkongan (esofagus). Normalnya, ketika makanan dari mulut ditelan, sebuah cincin otot di ujung bawah kerongkongan akan membuka untuk membiarkan makanan tersebut masuk ke dalam lambung.

Setelah itu, cincin otot tersebut akan menutup agar makanan tidak mengalir kembali ke atas. Pada kasus GERD, cincin otot ini tidak mampu menutup sempurna sehingga terjadi aliran balik asam lambung dan makanan ke kerongkongan.

Aliran balik asam lambung dapat menimbulkan iritasi pada dinding kerongkongan dan menimbulkan gejala panas di dada setelah makan, nyeri ulu hati, rasa mengganjal di kerongkongan, dan mulut terasa asam. Untuk mendiagnosis apakah seseorang benar mengalami GERD dan menentukan seberapa parah GERD yang terjadi, dokter mungkin akan menyarankan endoskopi.

Endoskopi adalah pemeriksaan bagian dalam kerongkongan dan lambung dengan cara memasukan sebuah tabung tipis yang memiliki kamera di ujungnya melalui mulut.


Untuk mengobati GERD, dokter di Penang, Malaysia biasanya melakukan tindakan / teknik operasi sebagai berikut:

Konsumsi obat-obatan sesuai petunjuk dokter

Ada banyak obat yang dapat digunakan untuk mengatasi gejala GERD. Obatan-obatan ini meliputi obat golongan antasida yang dapat menetralkan asam lambung dan obat golongan proton pump inhibitor yang dapat mengurangi produksi asam lambung.

Pro: Keuntungan dari konsumsi obat-obatan ini adalah sebagian besar gejala GERD dapat teratasi tanpa perlu melakukan tindakan yang lebih invasif.

Selengkapnya

Cons: Kekurangan dari pengobatan ini adalah tidak semua kasus GERD dapat sembuh dengan konsumsi obat saja.

Pada kasus GERD yang cukup parah di mana cincin otot di ujung bawah kerongkongan benar-benar sangat lemah, refluks mungkin tetap dialami meskipun sudah mengkonsumsi obat. Masing-masing obat juga memiliki potensi efek samping masing-masing.

Lama proses pemulihan: Durasi konsumsi obat untuk masing-masing pasien dapat berbeda. Dokter akan menentukan sampai kapan obat perlu dikonsumsi setelah berkonsultasi dan memeriksa pasien secara langsung.

Operasi fundoplikasi dengan teknik laparoskopi

Operasi biasanya disarankan bagi pasien yang tidak kunjung sembuh setelah mengkonsumsi obat-obatan, bagi pasien yang tidak ingin mengkonsumsi obat dalam jangka panjang, dan bagi pasien yang mengalami efek samping setelah mengkonsumsi obat.

Pada prosedur ini, dokter akan mengencangkan cincin otot di bagian bawah kerongkongan agar tidak terjadi aliran asam lambung dan makanan ke arah atas.

Selengkapnya

Pro: Keuntungan dari metode ini adalah karena operasinya menggunakan teknik laparoskopi, maka sayatan yang diperlukan pada perut pasien berukuran sangat kecil sehingga bekas lukanya pun minimal.

Selain itu, penyembuhan juga akan berjalan lebih cepat bila dibandingkan dengan prosedur bedah terbuka yang lama. Operasi ini dapat membantu mengatasi keluhan GERD pada pasien yang tidak kunjung membaik setelah mengonsumsi obat-obatan.

Cons: Kekurangan dari operasi ini adalah resiko komplikasi yang mungkin terjadi seperti layaknya prosedur bedah yang lain. Contohnya adalah resiko terjadinya infeksi, luka, robekan pada esofagus atau lambung, kesulitan menelan, dan resiko kambuhnya refluks.

Lama proses pemulihan: Dibandingkan dengan prosedur bedah terbuka di mana pasien perlu menjalani rawat inap hingga 1 minggu, pada operasi fundoplikasi dengan teknik laparoskopi, pasien hanya perlu menjalani rawat inap selama 1-2 malam. Namun, lama waktu ini bisa bervariasi antar pasien tergantung kondisi masing-masing.


Untuk mendapatkan diagnosis, pasien disarankan berkonsultasi dengan dokter internis (sub. gastrologi & hepatologi).

Bila berencana untuk melakukan pengobatan GERD di Penang, silakan isi form di sini. Namun, harap diingat tidak semua dokter menerima kasus GERD.

Ditulis pada tanggal 24 Jul 2021
Diperbaharui terakhir pada tanggal 7 Okt 2021.

Apakah penyakit asam lambung dioperasi?

Halodoc, Jakarta - GERD atau gastroesophageal reflux disease merupakan penyakit yang umum terjadi ditandai dengan sensasi rasa terbakar di dada dan ulu hati. GERD umumnya dapat diatasi dengan mengonsumsi obat saja. Namun, jika gejala tidak dapat membaik hanya dengan mengonsumsi obat saja, prosedur operasi dibutuhkan.

Berapa lama operasi asam lambung?

Proses operasi GERD Normalnya, fundoplikasi berlangsung selama satu hingga dua jam dengan metode laparoskopi. Bila anestesi sudah bekerja, nantinya ada beberapa hal yang akan dilakukan dokter.