Apa yg dimaksud dengan reduce reuse dan recycle

Pernahkah Anda melihat tagline 3R di lingkungan sekitar rumah, sekolah, ataupun kantor? 3R merupakan singkatan dari Reduce Reuse Recycle. 3R adalah istilah untuk menyebut konsep yang mempromosikan kehidupan berkelanjutan dengan mengelola sampah plastik secara lebih baik.

Seperti yang diketahui, jutaan sampah plastik terus membanjiri bumi kita setiap harinya. Oleh karena itu, yuk mulai #BijakBerplastik sekarang juga! Salah satunya yaitu menjadi kreatif dengan kerajinan AQUA gelas. Selanjutnya, pahami juga arti reduce reuse recycle secara lebih lanjut dalam artikel berikut ini yuk!

Pengertian Reduce Reuse Recycle

Sesuai namanya, sebenarnya arti reduce reuse recycle adalah urutan langkah untuk mengelola sampah dengan baik [1]. Secara lebih lanjut, pengertian reduce reuse recycle adalah sebagai berikut:

Reduce

Reduce atau mengurangi tumpukan sampah adalah prioritas utama dari konsep 3R. Artinya, Anda disarankan untuk meminimalisir penggunaan produk yang nantinya menjadi sampah. Mengapa demikian? Sebab dengan mengurangi produksinya sejak awal akan sangat membantu menurunkan potensi timbunan sampah yang dapat merusak lingkungan.

Contoh penerapan langkah reduce ini yaitu dengan membawa botol minum atau #BijakBerplastik lewat penggunaan peralatan makan sendiri seperti sendok dan garpu saat bepergian sehingga bisa dipakai berkali-kali dan mengurangi penimbunan sampah.

Reuse

Reuse berarti menggunakan kembali. Bagaimana maksudnya? Jadi sederhananya, langkah reuse ini mengajak kita untuk memakai ulang barang-barang yang telah digunakan sebelumnya. Dengan begitu, kita pun dapat mengurangi kemungkinan sampah yang ditimbulkan dari produk sekali pakai.

Prinsip reuse ini juga mengajak Anda untuk mempertimbangkan kembali sebelum membuang sebuah barang sekaligus memperhitungkan kemungkinannya agar bisa digunakan kembali [2]. Dalam jangka panjang, langkah reuse dapat mencegah Anda dari pemborosan yang tidak perlu. Menarik, bukan?

Untuk memulainya, coba memanfaatkan kaleng biskuit bekas sebagai tempat penyimpanan uang koin ataupun aksesoris kecil. Anda juga bisa #BijakBerplastik dengan mengisi ulang botol bekas sabun mandi dan mengisinya dengan kemasan refill.

Salah satu contoh Reuse lainnya adalah dengan menggunakan kemasan galon AQUA sebagai pilihan air minum di rumah. Galon AQUA merupakan kemasan guna ulang yang bisa dipakai berulang kali setelah sebelumnya dicuci dan dibersihkan secara higienis di pabrik AQUA.

Baca juga: 7 Kerajinan dari Botol Plastik yang Mudah Dibuat & Bermanfaat

Recycle

Recycle atau mendaur ulang adalah langkah 3R terakhir yang bermaksud untuk memberikan kesempatan kedua pada suatu produk sehingga bisa menjadi produk baru. Dengan demikian, produk baru hasil daur ulang tersebut dapat dimanfaatkan kembali sehingga tidak hanya menjadi tumpukan sampah yang mencemari lingkungan.

Namun perlu diingat, tidak semua produk dapat didaur ulang lagi, ya. Dilansir dari A Singapore Government Agency Website, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mendaur ulang, yaitu:

  • Jangan buang sampah elektronik seperti televisi ataupun ponsel lama di sembarang tempat.
  • Cek apakah barang tersebut benar-benar dapat didaur ulang. Sebagai catatan, produk yang bisa didaur ulang ini meliputi barang dari kertas, logam, plastik, dan kaca.
  • Pastikan barang yang dapat didaur ulang tersebut tidak terkontaminasi dengan makanan ataupun cairan. Solusinya, bilas terlebih dahulu barang tersebut sebelum didaur ulang.
  • Produk-produk tertentu seperti pakaian, sepatu, dan tas, sebaiknya pertimbangkan untuk menyumbangkannya terlebih dahulu sebelum membuangnya di tempat sampah.

Contoh Reduce Reuse Recycle

Setelah memahami pengertian dan tujuannya, contoh reduce reuse recycle adalah hal penting yang tentu tak boleh Anda lewatkan. Agar lebih paham saat menerapkannya nanti, beberapa contoh reduce reuse recycle adalah sebagai berikut:

Reduce

Tahukah Anda bahwa cara paling efektif untuk mengelola sampah adalah dengan tidak menciptakannya? Baik di rumah, sekolah, ataupun tempat kerja, inilah beberapa contoh penerapan reduce secara sederhana yang bisa Anda mulai sekarang juga.

  • Hindari penggunaan alat makan sekali pakai. Sebaliknya, pakailah peralatan makan dan botol yang dapat digunakan berulang kali.
  • Pilih barang dengan bungkus kemasan yang sedikit atau tidak berlebihan.
  • Gunakan kedua sisi lembar kertas.
  • Membawa kantong belanja sendiri.
  • Belilah barang yang dapat diisi ulang.
  • Kurangi penggunaan kertas tisu dengan menggunakan lap kain atau sapu tangan.

Reuse

Sesuai namanya, reuse atau menggunakan kembali suatu produk ini bisa Anda mulai dengan beberapa cara sederhana seperti:

  • Pilih produk yang dapat digunakan kembali.
  • Gunakan kembali sebuah produk, baik dengan fungsi yang sama ataupun berbeda.
  • Manfaatkan pakaian lama Anda menjadi kain pembersih.
  • Gunakan serbet alih-alih tisu sekali pakai.
  • Manfaatkan ban bekas menjadi pot tanaman.

Baca juga: 10 Cara Mengurangi Sampah Plastik Sehari-Hari dengan Mudah

Recycle

Selain mengurangi sampah, tahap recycle ternyata juga dianggap cukup menguntungkan dari sisi ekonomi. Beberapa contoh penerapannya yaitu seperti:

  • Mengolah sampah organik menjadi kompos.
  • #BijakBerplastik dengan mengubah limbahnya menjadi kerajinan tangan seperti tempat pensil, peralatan dapur atau bahkan pot bunga.
  • Manfaatkan CD/DVD sebagai tatakan gelas.
  • Gunakan bohlam lampu bekas menjadi pot tanaman gantung.

Demikian penjelasan seputar apa itu reduce reuse recycle lengkap hingga beberapa contoh penerapannya. Bagaimana, sudah siap untuk memulai langkah 3R di kehidupan sehari-hari? Selanjutnya, yuk #BijakBerplastik juga saat memilih air mineral! Pastikan pilih #AQUADULU yang terus mengupayakan untuk menggunakan bahan kemasan ramah daur ulang.

Jadi, awali langkah Anda dalam menjaga lingkungan dan daur ulang sampah plastik mulai sekarang juga dengan gerakan #BijakBerplastik bersama AQUA. Sampai jumpa!

Referensi:

  1. Waste4Change Mendukung Konsep Hijau 3R (Reduce-Reuse-Recycle) - Buka
  2. How to Reduce, Reuse and Recycle (in that order) - Buka

Apa yang dimaksud reduce?

Reduce adalah mengurangi penggunaan barang. Kata reduce biasa ditemukan dalam pengelolaan sampah dan gaya hidup yang ramah lingkungan alias go green. Reduce juga berarti mengurangi penggunaan barang sama halnya dengan mengurangi sesuatu yang mengakibatkan sampah.

Apa yang dimaksud dengan Reduce reuse dan recycle brainly?

Pengertian dari reuse adalah menggunakan kembali barang dengan fungsi yang sama ataupun fungsi yang berbeda. Pengertian dari reduce adalah mengurangi penggunaan barang yang akan menghasilkan sampah. Pengertian dari recycle adalah mendaur ulang kembali barang menjadi bentuk baru ataupun fungsi yang baru.

Apa yang dimaksud reduce berikan contoh?

Reduce adalah mengurangi penggunaan bahan-bahan yang dapat merusak bumi. Contoh kegiatan reduce: Mengurangi penggunaan tisu dan mengganti dengan saputangan atau menggunakan tisu dengan lebih bijak. Mengurangi penggunaan kantong plastik dengan membawa tas belanja sendiri.

Apa itu 3R dan artinya?

Pengertian Reduce, Reuse, Recycle (3R) Metode 3R atau Reuse, Reduce, dan Recycle merupakan salah satu cara terbaik dalam mengelola dan menangani sampah plastik dengan berbagai jenisnya. Penerapan sistem ini juga sangat baik untuk mengelola sampah dari berbagai jenis plastik dari yang aman hingga beracun.