Apa saja yang ada di Microsoft Office dan sebutkan masing masing kegunaannya?

Microsoft merupakan salah satu perusahaan pengembang software sukses dengan aplikasi-aplikasi yang dikenal dengan membantu urusan perkantoran seperti microsoft word: program pengolah kata, microsoft power point: program yang membantu pengguna dalam berpresentasi dan lain sebagainya yang pastinya berkaitan erat dengan masalah perkantoran. Program-program tersebut dikenal sebagai kelompok Microsoft Office yang didesain untuk perangkat komputer dan dapat dijalankan di berbagai sistem operasi seperti Windows, Linux, Mac OS X, hingga sekarang ini sudah menjalar ke Android.

Microsoft Office versi baru dilancurkan tidak terlalu lama, bahkan update aktif mulai dari tahun 2013 sedari Ms Office 2013, Ms Office 2015, dan yang paling baru yakni adalah Ms Office 2016. Sekurang-kurangnya ada 10 aplikasi yang tergabung dalam bagian Microsoft Office. Berikut ini adalah ulasan lengkapnya.

  • Aplikasi Microsoft Office

1. Microsoft Word

Image: premiuminfo.org

Microsoft Word merupakan salah satu aplikasi yang termasuk dalam bagian Microsoft Office. Tidak mungkin apabila pengguna komputer—apalagi yang kerap membuat dokumen hingga keperluan lainnya yang bersangkutan dengan pengolah kata—tidak mengetahui aplikasi yang satu ini. Microsoft Word adalah aplikasi andalan Microsoft, dan diluncurkan pertama kali pada tahun 1983 sebagai Multi Tool Word untuk sistem operasi Xenix. Beberapa waktu kemudian Microsoft Word juga dikembangkan dan mulai bisa digunakan untuk sistem operasi lain.

Sebelumnya aplikasi ini tidak bernama Ms Word, tapi setelah berada di bawah naungan Microsoft Office System 2003 dan 2007, barulah program ini dinamai dengan Microsoft Word. Adapun versi Ms Office 2013, namanya diubah menjadi Word saja.

2. Microsoft Excel

Image: neow.in

Aplikasi ini merupakan program lembar kerja yang dibuat oleh Microsoft dan sudah tergabung menjadi bagian Microsoft Office. Aplikasi ini memang sangat dibutuhkan karyawan-karyawan perkantoran, terlebih mengenai urusan keuangan dan akuntansi. Microsoft Excel bisa disebut sebagai aplikasi pengolah angka yang sudah dilengkapi dengan fitur kalkulasi dan pembuatan grafik sesuai dengan strategi marketing. Karena kegunaanya bisa dibilang cukup komplit maka membuat aplikasi ini sebagai salah satu program komputer yang banyak digunakan untuk membuat lembar kerja. Adapun Microsoft membuat aplikasi ini khusus untuk sistem operasi Windows dan Mac OS saja.

*Baca juga: Bill Gates – Pendiri Microsoft Hingga Orang Terkaya di Dunia

3. Microsoft Power Point

Image: pcmag.com

Selain Ms Word dan Ms Excel, Microsoft Power Point juga digolongkan sebagai aplikasi kantoran yang digunakan untuk presentasi dan sudah tergabung dengan Microsoft Office. Aplikasi ini tentunya untuk memudahkan penggunanya dalam ber-presentasi, terlepas itu untuk urusan kerja hingga tugas sekolah maupun kuliah. Karena bukan rahasia lagi kalau aplikasi ini sudah banyak digunakan untuk tugas-tugas sekolah.

Microsoft Power Point dikembangkan oleh Microsoft dan hanya dapat dijalankan oleh sistem operasi Windows dan Mac OS saja. Namun sebelum digunakan kedua sistem operasi tersebut, Ms Power Point nyatanya tempo lalu sudah digunakan untuk sistem operasi Xenix. Dan yang paling baru dari Power Point adalah versi 15, yaitu Microsoft Power Point 2013.

4. Microsoft Outlook

Image: taisy0.com

Selanjutnya adalah Microsoft Outlook yang juga tergabung dalam bagian Ms Office, dan umunya aplikasi ini digunakan untuk membaca dan mengirimkan surel atau e-mail. Bahkan untuk fitur, Microsoft Outlook tidak kalah dengan aplikasi sejenis bahkan ini sudah dilengkapi dengan fungsi jadwal kerja, kalender, jurnal, dan catatan. Namun fitur tersebut dapat ditambah jikalau pengguna membuka aplikasi ini bersamaan dengan Microsoft Exchange Server maka dapat memberikan akses kalender, surat, dan jadwal secara bersamaan pula.

Intinya aplikasi ini sangat berperan untuk keperluan surat menyurat, baik itu mengirim, menerima hingga membaca surat elektronik.

5. Microsoft Publisher

Image: tecnozero.com

Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk membuat surat kabar, desktop publishing, kartu ucapan, dan lain sebagainya. Microsoft Publisher juga digolongkan sebagai aplikasi perkantoran yang dapat membantu anda agar dapat lebih produktif pada saat di kantor. Adapun awalnya aplikasi ini hanya dapat digunakan untuk Microsoft Office 2003, namun ternyata dilanjutkan di Microsoft Office 2007 dan yang terbaru hadir di Microsoft Office 2010 pada versi edisi profesional.

*Baca juga: Inilah 7 Produk Gagal Dari Perusahaan Terkenal

6. Microsoft Access

Image: visiontrainingsystems.com

Microsoft Access juga serta tergabung dalam bagian Microsoft Office yang berfokus pada data komputer relasional untuk skala rumahan dan perusahaan kecil hingga menengah. Aplikasi ini sudah dibekali dengan mesin basis data Microsoft Jet Database Engine dan menggunakan tampilan grafis yang simpel sehingga dapat memberikan kemudahan untuk pengguna terlebih ketika sedang mengoperasikannya.

7. Microsoft Info Path

Image: wixstatic.com

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa Microsoft telah banyak membuat aplikasi berguna untuk keperluan bisnis dan pekerjaan. Dan salah satunya adalah aplikasi Microsoft Info Path, kegunaanya yakni adalah untuk membuat formulir pemasukan data berbasis XML. Aplikasi ini pertama kali diluncurkan bersamaan Microsoft Office 2003 dan kemudian berlanjut untuk Microsoft Office 2007. Microsoft Info Path umumnya digunakan instansi perusahaan untuk membuat lamaran pekerjaan, biodata karyawan, dan lain sebagainya. Aplikasi ini dikembangkan pertama kali dengan nama kode XDocs dan menyediakan berbagai macam fitur bermanfaat. Salah satunya memungkinkan untuk membuat dan menampilkan dokumen XML yang didukung skema XML, bahkan juga serta dapat dikonfiguasi agar dapat terhubung dengan sistem eksternal menggunakan XML Web Service lewat MSXML dan Soap Toolkit.

8. Microsoft Lync

Image: itprotoday.com

Awal diluncurkan aplikasi ini menggunakan nama Office Communicator 2007 R2, hingga diubah namanya menjadi Microsoft Lync. Microsoft Lync diluncurkan pada tahun 2011 dan saat ini sudah hadir dalam Microsoft Office terbaru, yakni versi tahun 2013. Walaupun memiliki banyak fungsi, namun utamanya aplikasi yang satu ini berfungsi sebagai intans messenger seperti Skype, Yahoo Messenger, dan Google Talk.

9. Microsoft One Note

Image: learnitanytime.com

Microsoft One Note sekilas mirip dengan aplikasi pengolah kata, tapi yang ini versi ringannya saja. Karena sesuai namanya “note” maka aplikasi ini hanya digunakan untuk kertas catatan. Disini pengguna juga dapat menggambar, menulis , mencorat coret, memasukkan objek dan lain sebagainya. Intinya kegunaanya hanya untuk catatan.

10. Microsoft Visio

Image: eweek.com

Aplikasi yang satu ini memungkinkan pengguna untuk membuat diagram, flowchart, skema, jaringan, dan brainstorm. Pastinya aplikasi ini sangat membantu dalam menganalis seperti memperkirakan arah naik atau turunnya saham, hingga grafik pendapatan dan pengeluaran dan lain sebagainya. Secara tidak langsung, aplikasi bernama Microsoft Visio ini bisa digolongkan sebagai jenis aplikasi kantoran. Selain itu pengguna juga dapat memanfaatkan grafik vektor untuk membuat diagram.

*Baca juga: Apa itu Startup? Model Bisnis Gaya Baru yang Memajukan Perekenomian Dunia

***

Perlu diketahui, Indoworx tidak hanya menyajikan informasi-informasi bermanfaat saja, tapi kami juga menyediakan keperluan hosting, domain, SSL, dan lain sebagainya yang tentunya akan sangat membantu untuk kinerja website anda. Jika anda berminat, maka bisa langsung buka di beranda website kami, yaitu Indoworx.com. Sekaligus jangan lupa untuk mengunjungi zonakuota.com untuk membeli pulsa dan kuota secara online.

-R.S.A-

Apa saja yang ada di dalam Microsoft Office?

Aplikasi dan layanan.
Microsoft Teams..
Excel..
PowerPoint..
Outlook..
OneNote..
OneDrive..

Jelaskan tentang Microsoft Office Sebutkan dan apa saja kegunaannya?

Microsoft Office adalah sebuah paket perangkat lunak klien serta perangkat lunak server yang dikembangkan oleh Microsoft. Umumnya Microsoft Office ini digunakan sebagai alat untuk mempermudah aktivitas dalam perkantoran.

6 Jelaskan apa yang anda ketahui tentang aplikasi Microsoft Office?

Microsoft Office adalah perangkat lunak paket aplikasi perkantoran buatan Microsoft dan dirancang untuk dijalankan di bawah sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS X.